Mari Membaca

Selasa, 31 Mei 2011

Contoh Proposal Usaha


                     

Proposal Usaha


Roti Bakar














(Nama)
. . . . . . . . . . . . . . .

(Kelas)
. . . . . . . . . . . . . . .

(Nama Produk)
Roti Bakar




                    Biodata Pengusaha

Nama Pengusaha         : . . . . . . . . . . . .
Alamat Penjualan        : . . . . . . . . . . . . .
Prouduk Penjualan       : . . . . . . . . . . . .

                    Latar Belakang Pemilihan Produk
Penjualan Roti Bakar ini Berdiri atas keinginan saya untuk meninggalkan kenangan bagi orang dari luar kota atau provinsi kepada makanan khas bandung, makanan yang tidak bisa dilupakan ketika pergi ke tempat asal mereka, banyak makanan – makan yang dijadikan oleh – oleh khas bandung untuk di bawa pulang, tapi ROTI BAKAR ini berbeda dengan oleh – oleh khas bandung lainya, makanan ini tidak cukup untuk dibawa pulang saja, semua berpendapat bahwa “sebelum dibawa pulang, gimana kalau kita makan disini dan pesan juga untuk dirumah?”.
            Banyak kelebihan dari produk ini, selain enak untuk dimakan, ternyata banyak  penikmatnya, dari kalangan anak – anak sampai kalangan dewasa juga suka dengan produk ini
            Alasan penjualan produk ini :
·         Lebih banyak peminatnya
·         Menjadikan oleh – oleh khas bandung yang terkenal
·         Meperkenalkan makanan tradisional kepada masyarakat

Visi dan Misi

Visi      : “ Bandung The Toast City”
Misi     :   -    Menjadikan Roti Bakar makanan khas Bandung
-          Menjayakan kembali makanan tradisional
-          Menarik banyak penikmat Roti Bakar

Marketing Mix

a.     Produk

Roti Bakar merupakan badan usaha dalam bidang penjualan, jenisnya adalah makanan.  Produk ini merupakan unggulan dalam bidang penjualan, karena banyak peminatnya, maka barang ini cocok dikembangkan di pasaran, dengan berkmebangnya produk ini, maka besar kemungkinan keuntungan akan didapat dan kecil kemungkinan kerugian yg di dapat.

b.     Harga

Padahal dalam sehari roti yang terjual tidak selama nya index haraga yang terendah,
index harga roti yang terjual brevariasi sesuai dengan permintaan pembeli rasa apa
yang pembeli inginkan.Sehingga bukan tak mungkin pendapatan bersih kita selama 1
bulan bisa mencapai lebih dari Rp.503.000,-.


Rasa Harga ;
Nanas/Strawbery Rp. 6.000,-
Kombinasi Nanas/Strawbery + Kacang Rp. 6.500,-
Kombinasi Nanas/Strawbery + Pisang Rp. 6.500,-
Kombanisi Nanas/Strawbery + Coklat Rp. 7.000,-
Kombinasi Nanas/Strawbery + Keju Rp. 7.000,-
Coklat + Coklat Rp. 7.500,-
Kombinasi Coklat + Pisang Rp. 7.500,-
Kombinasi Coklat + Kacang Rp. 7.500,-
Pisang + Pisang Rp. 8.000,-
Kacang + Kacang Rp. 8.000,-
Kombinasi Kacang + Pisang Rp. 8.000,-
Kombinasi Keju + Pisang Rp. 8.500,-
Kombinasi Keju + Coklat Rp. 8.500,-
Kombinasi Keju + Kacang Rp. 8.500,-
Keju + Keju Rp. 9.000,-
Special Rp.10.000,-

c.      Promosi

Dalam mempromosikan produk ini, saya menggunakan 2 metode :
 - Yang pertama yaitu dengan menggunakan sepanduk besar di jalan – jalan.
 - Dan yang kedua hanya promosi dari orang (dari mulut ke mulut).

d.      Tempat

System jualan roti ini adalah dapat pemasukan bila ada pembeli, maka lokasi yang paling bagus adalah ditemapat yang banyak dilalui orang (banyak orang yang melakukan aktifitas) seperti di depan toko
(supermarket), di perempatan atau pertigaan jalan dll. Untuk lokasi yang sudah saya dapatkan yaitu di depan rumah, lokasi cukup bagus karena di pinggir jalan dan dekat toko perbelanjaan (ruko-ruko), dan satu lagi di pinggir jalan raya soekarno-hatta tepat nya di depan komplek saya tinggal.

                       
Analisis SWOT

a.       Kekuatan

Produk ini tahan hingga 4 hari, bila sudah melewati 4 hari maka roti akan membusuk.

b.      Kelemahan

Kelemahan dari produk ini yaitu hanya diminati pada malah hari saja, jadi hanya di buka pada malam hari, karena kalau dibuka pada siang hari, peminatnya hanya sedikit.

c.       Kesempatan

Peluang untuk meraup untung nya cukup besar dan itu terjamin karena banyaknya peminat produk ini.


d.      Ancaman

Biasanya karena pesaing – pesaing pedagang yang menjual produk yang sama, tapi ini tidak karena hanya ada satu yang menjual produk ini, tapi ancamannya yaitu :
1.      Karena faktor cuaca, bila diluar sedang hujan, maka konsumen enggan keluar karena malas, dan takut kebasahan.
2.      Karena faktor  ekonomi, bila harga sembako naik walaupun hanya sedikit, kadang bisa mengurangi pembeli. Apabila factor - faktor tersebut benar-benar mempengaruhi dalam jualan roti, saya masih bisa mendapat untung.

Target Pasar

Target untuk memasarkan produk ini yaitu kepada masyarakat sekitar dan juga para mahasiswa yang sedang berjalan – jalan sekitar universitas dan kebetulan tempatnya berdekatan dengan universitas para mahasiswa itu kuliah.
            Promosinnya yaitu dengan cara datang ke kampus tetangga, dengan menjual dengan gerobak di dalam kampus itu, jadi bila sudah habis waktu kuliah, mereka bisa datang ke grobag yang di dekat jalan raya.
            Harga yang di pakai dibiliang cukup murah, karena disesuaikan dengan kantung mahasiswa, bila kemahalan sedikit, maka resiko nya akan besar.

Modal

Kebutuhan Modal Awal 2 Gerobag (Biaya Tetap)
-Membeli Tempat untuk jualan (Gerobag) :Rp.2.000.000,-
-Membeli Tempat untuk bakar roti (Wajan) :Rp. 300.000,-
-Membeli Kompor Buterfly :Rp. 200.000,-
-Membeli Dekelit 3 x 4 m :Rp. 150.000,-
-Membeli Tempat selai (Toples) 4 buah :Rp. 40.000,-
-Membeli Garpu roti :Rp. 15.000,-
-Membeli Pisau roti :Rp. 8.000,-
-Membeli Solet besar 4 biji :Rp. 16.000,-
-Membeli Solet Kecil 4 biji :Rp. 20.000,-
-Membeli parutan keju 2 buah :Rp. 9.000,-
-Membeli Tempat garpu,pisau,dll :Rp. 45.000,-
-Membuat Sticker dan daftar harga roti :Rp. 30.000,-+
Jumlah :Rp. 2.633.000,-
            
Kebutuhan Bulanan 2 Gerobag (Biaya Variabel)
-Membeli Selai strawberry 10 kg :Rp. 70.000,-
-Membeli Selai nanas 10 kg :Rp. 70.000,-
-Membeli Simas 12,5 kg :Rp.113.000,-
-Membeli cokelat ceres 12,5 kg :Rp.175.000,-
-Membeli kacang 4 kg :Rp. 56.000,-
-Membeli susu 36 kaleng :Rp.216.000,-
-Membeli keju10 biji :Rp.140.000,-
-Membeli pisang 1 tundun :Rp. 40.000,-
-Membeli plastic 3 pack :Rp. 12.000,-
-Membeli kertas roti 1 pack :Rp. 15.000,-+
Jumlah :Rp.907.000,-
4. Kebutuhan 2 hari sekali untuk 2 Gerobag ( Biaya Variabel)
-Membeli roti 40 biji :Rp.88.000,-
-Membeli minyak tanah 4 liter :Rp.10.000,-+
Jumlah :Rp.98.000,-
Maka selama 1 bulan biaya untuk beli roti dan minyak tanah
= Rp.98.000,- X 15 = Rp.1.470.000,-
Jadi jumlah total pengeluaran selama 1 bulan : Rp. 907.000,-
Rp1.470.000,-+
Jumlah (Total Biaya Variabel) : Rp.2.377.000,-

Laporan Proyeksi

Diperkirakan setiap hari 1 gerobag mamapu menjual roti sebanyak 8 buah. Maka selama 1 bulan roti yang terjual untuk 1 gerobag diperkirakan : 8 x 30 hari : 240 roti. Karena kita punya 2 gerobag maka 1 bulan diperkirakan roti yang terjual : 240 x 2 : 480 roti.
Pendapatan kotor selama 1bulan (harga roti terendah) 480 x Rp.6.000,- = Rp.2.880.000,-
Pendapatan bersih selama 1 bulan : Pendapatan kotor – Pengeluaran Biaya keseluruhan
: Rp.2.880.000 - Rp.2.377.000
Pendapatan Bersih selama 1 Bulan : Rp.503.000,-

Penutup

Demikian proposal ini kami susun untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Dokumen dalam proposal disusun bagi para wirausahawan yang ingin belajar berwirausaha dengan muda. Saya harap kerjasama dalam bidang penjualan berjalan dengan lancer tanpa hambatan. Sehingga dapat  membangun keberanian di dalam diri para wirausahawan.
Diharapkan permasalahan dalam memfasilitas kebutuhan dan perlengkapan yang dibutuhkan.
Atas perhatian dan kerjasamanya, saya ucapkan terima kasih.















                                                          Bandung, 30 Mei 2011


2 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]



<< Beranda